Pemanfaatan Website Desa dalam Upaya Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Karanglo Kabupaten Jombang

Authors

  • Nadia Amalia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Vieraca Recaron Aldolyn Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Mohammad Fadhli Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Afrixson Leonardo Alexzander Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ramadhani Mahendra Kusuma Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59024/jpma.v2i3.894

Keywords:

Digitalisasi UMKM, Website Desa, Desa Karanglo, Jombang.

Abstract

Kegiatan penyuluhan digitalisasi Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) berbasis website merupakan upaya pengomtimalisasian pemasaran produk-produk UMKM yang ada di Desa Karanglo Kabupaten Jomabang. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa KKNT SDG’S UPNVJT dengan pihak UMKM dan perangkat desa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan daya yang ada di desa Karanglo dan membuat website desa berupa literasi digital, pengelolaan website desa, pemahaman strategi pemasaran online (e-commerce) dan mengkomunikasikan UMKM untuk memberikan fungsionalitas produk. Hasil dari kegiatan ini adalah menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan keterampilan pemasaran digital dan  online bagi UMKM, dan  membantu UMKM di desa Karanglo di Kabupaten Jomban untuk mempromosikan produknya menggunakan website desa dan strategi pemasaran digital.

References

Abbas, W., & Sutrisno, S. (2022). Pengembangan Website Desa sebagai Sistem Informasi dan Inovasi di Desa Indu Makkombong, Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 505–512. https://doi.org/10.54082/jamsi.276

Astar, S. (2021). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Kemaslahatan Pendapatan UMKM. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 3, 229–238. https://doi.org/10.37087/jtb.v3i2.93

Febriansyah, Fauziah, H., & Restilia, A. (2023). Penyuluhan dan Penataran Masyarakat Desa Sukadadi Melalui Strategi Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan UMKM. I-Com: Indonesian Community Journal, 3, 817–823. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2654

Nabilah, A., & Fanida, E. H. (2022). Penerapan Website Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/download/18733/17097

Nurendah, Y., & Purnama, D. (2024). Implementasi Digital Marketing Dalam Mendukung Promosi UMKM. Manajemen Business Innovation Conference-MBIC, 7(5), 305–314.

Rusdianto, D., & Firmansyah, F. (2022). Analisis Pemanfaatan Web Sistem Informasi Desa Di Desa Dukuh Kecamatan Ibun Kab Bandung. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 4(1).

Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 199. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640

Susanto, D., & Ridwan, A. (2024). Optimalisasi pemasaran digital untuk meningkatkan daya saing UMKM di Desa Sasahan. Indonesian Collaboration Journal of …, 4(2), 98–105. http://icjcs.esc-id.org/index.php/home/article/view/164%0Ahttp://icjcs.esc-id.org/index.php/home/article/download/164/174

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles