Digitalisasi UMKM “Kedai Neng Wati” melalui Strategi Rebran ding Logo dan Peningkatan Pemasaran Online
DOI:
https://doi.org/10.59024/jpma.v2i3.890Keywords:
Digitalisasi; Pemasaran Online; Rebranding; UMKMAbstract
Pengabdian terhadap masyarakat ini bertujuan untuk melakukan digitalisasi UMKM “Kedai Neng Wati” melalui rebranding logo dan peningkatan pemasaran online. Kegiatan melibatkan pemilik usaha, Kelurahan Medokan Semampir, dan tim KKN kelompok 6. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif, meliputi survey dan wawancara, penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Hasil yang dicapai adalah terciptanya brand identity baru melalui rebranding logo, peningkatan kemampuan pengelolaan media sosial dan toko online, serta peningkatan penjualan produk secara daring. Dampak positifnya adalah meningkatnya daya saing UMKM “Kedai Neng Wati” di era digital. Kegiatan ini memberikan kontribusi bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan UMKM yang lebih berdaya saing. Berdasarkan observasi dan wawancara, ditemukan permasalahan pada UMKM “Kedai Neng Wati”, yaitu : logo kurang menarik, kurangnya pemanfaatan media digital, dan terbatasnya pengetahuan pemilik dalam mengelola media digital. Upaya digitalisasi melalui rebranding logo dan peningkatan pemasaran online dilakukan untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital.
References
Ainun, N., Maming, R. and Wahida, A. (2023) ‘Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm’, Jesya, 6(1), pp. 674–681. doi: 10.36778/jesya.v6i1.967.
Andriana, A. N. and Pingki, P. (2022) ‘Penerapan Teknik Foto Produk Dan Video Reel Instagram Bisnis Sebagai Optimalisasi Strategi Social Media Marketing Dalam Menyambut Ikn’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), p. 3101. doi: 10.31764/jmm.v6i4.9417.
Arifudin, D., Heryanti, L. and Pramesti, D. (2021) ‘Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM d’, Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), pp. 2640–2651.
Astimeyra, D. N., Rachmaningtyas, D. and Yuniningsih, Y. (2023) ‘Pendampingan UMKM “Bebek Mesra Surabaya” Melalui Strategi Rebranding dan Digital Marketing MSME Assistance “Bebek Mesra Surabaya” Through Rebranding and Digital Marketing Strategies Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur’, Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), pp. 10–18. Available at: https://doi.org/10.58192/karunia.v2i2.1044.
Destrina, A. A. et al. (2022) ‘Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM Rajutan BKL Bismo’, Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), pp. 1473–1478.
Hamzah, R. E., Citra, D. and Putri, E. (2021) ‘Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan’, Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), p. 12. Available at: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas.
Juliana, A., Apriadi, D. and Hafizh, F. (2024) ‘Penyuluhan Digital Marketing Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kawasan Perbatasan Indonesia-Malaysia Di Sebatik’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), pp. 34–41.
Kamil, I. et al. (2022) ‘Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce’, Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), pp. 517–526. doi: 10.37680/amalee.v3i2.2782.
Muhammad Alvi Irpansyah, Asep M. Ramdan, R. D. M. D. (2019) ‘KREDIBILITAS DAN KEKUATAN SELEBGRAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI PADA TOKO ONLINE DI INSTAGRAM’, Journal of Economic, Business and Accountinng, 2 Nomor 2, pp. 248–255.
Wartika, I. M. B. L. P. et al. (2023) ‘Pemberdayaan UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Era Pandemi’, Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), pp. 285–292. Available at: http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AKADEMISI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.