DIGITAL GAMES DAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA PESERTA DIDIK RPTRA CITRA BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.59024/jpma.v2i1.481Keywords:
IPTEK, Pembelajaran Interaktif, Generasi Emas 2045, Inovasi PendidikanAbstract
Perkembangan IPTEK dalam era digital saat ini telah berpengaruh pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. Proses pembelajaran kini sering memanfaatkan teknologi seperti proyektor dan pembelajaran daring. Penggunaan teknologi dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif dan efektif, terutama untuk anak-anak usia dini. Melalui digital game based learning dan video animasi, teknologi digunakan untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar terasa menarik dan interaktif. Tujuan sosialisasi pengabdian masyarakat ini adalah untuk menciptakan Generasi Emas 2045 yang berwawasan akan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tim pengabdi melakukan sosialisasi kepada peserta didik usia 7-12 tahun di RPTRA Citra Bangsa, Jakarta Timur. Dalam kegiatan ini, metode pelaksanaan dilakukan dengan pemberian pre-test dan post-test, pemaparan materi, wawancara, dokumentasi, dan evaluasi. Pemberian tes melalui website Quizizz bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman siswa sebelum dan setelah dilakukannya pemaparan materi. Wawancara kepada pihak pengajar dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan ini telah mencapai tujuan yang diharapkan. Sosialisasi yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan memperkenalkan alat digital sebagai media pembelajaran kepada generasi dini merupakan langkah awal yang tepat untuk meningkatkan pemahaman teknologi pada anak-anak dan juga sangat efektif untuk menarik minat anak-anak dalam belajar.
References
Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis HOTS dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i11.356
Aristo, T. J. V. (2019). Analisis Permasalahan Pemerataan Pendidikan di Kabupaten Sintang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 25–34. https://dx.doi.org/10.21831/amp.v7i1.10923
Bashir, F. A., & Bramastia, B. (2022). Implementasi Game Based Learning Berbasis Digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8070–8083. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3819
Caesaria, S. D. Apa Itu Pendidikan Formal, Non-formal dan Informal? Ini Bedanya. Kompas.com. Diakses pada 9 November 2023 dari https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/02/144900171/apa-itu-pendidikan-formal-non-formal-dan-informal-ini-bedanya?
Eko Widiyanto. (2015). Pengaruh Aktivitas, Kreatifitas dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Alat Ukur di SMK Institut Kutoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 5(1), 70–74. Diambil dari https://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/1869
Erfan, M., & Ratu, T. (2018). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Elektronika Dasar Melalui Digital Game-Based Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp. 332–337). https://doi.org/10.31227/osf.io/ahvm8
Firdausia, S., setiawan, I. P. ., & Maulidnawati, A. . (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif (Explicit Instruction) Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Murid. ALENA : Journal of Elementary Education, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.59638/jee.v1i1.8
Fitriana, W., Elshap, D. S. (2015). Revitalisasi Pendidikan Luar Sekolah dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal EMPOWERMENT, 3(1), 2252–4738. https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i1p58-66.557
Gerald, F. Seperti Apa RPTRA yang Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak Indonesia?. Liputan6.com. Diakses pada 9 November 2023 dari https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5350421/seperti-apa-rptra-yang-ideal-untuk-tumbuh-kembang-anak-indonesia?
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257
Maduretno, T. W., & Andrini, V. S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter pada Model Project Based Learning Melalui Sumber Belajar Smartphone. Dharma Pendidikan, 13(1), 96–104. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/86
Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Nisa, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001–014. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283
Ramdhan, D., Udjaja, Y. Game Based Learning: Teknik Pembelajaran Menggunakan Aspek Game. socs.binus.ac.id. Diakses pada 9 November 2023 dari https://socs.binus.ac.id/2021/11/16/game-based-learning-teknik-pembelajaran-menggunakan-aspek-game/
Setyanto, E., Purwanto, K. D., & Gufron, U. (2022). Penerapan Pembelajaran Interaktif Tenaga Pendidik di SMP Daar el Nuur Pesantren Yayasan Al–Salam, Pandeglang, Propinsi Banten. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(8), 1725–1730. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.963
Ulfa, E. M., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Devita Vanessa Kurniawan, Kaira Naafila Zahra, Faja Alya Khoirunnisa, Yuvinta Putri Diana, Pricilla Dwinarni, Nesya Naila Naulia, Benedicta Ursula Nelvina D., Mochamad Rafi Marzuki, Muhammad Fazli Mawla, Fauzi Rahmat Febrian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.