Analisis Keuntungan di UMKM XYZ Menggunakan Aplikasi Turunan

Authors

  • Sixtus Albern Joand Prasetio Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Muhammad Ichsan Asy'ari Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Owen Denpas Pramono Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Joko Sutopo Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59024/jisi.v2i3.708

Abstract

Bisnis adalah kegiatan ekonomi di mana barang dan jasa diproduksi, dibeli atau dijual untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Keuntungan suatu bisnis dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu, biaya operasional, biaya produksi, harga jual produk, volume penjualan, permintaan dan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana menganalisis penerapan konsep turunan derivatif berdasarkan keuntungan maksimal yang dapat diperoleh oleh UMKM XYZ. Turunan dapat digunakan sebagai alat analisa dalam menyelesaikan masalah-masalah ekonomi, sehingga konsep derivatif dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam perusahaan. Pada Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang bersifat kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah keuntungan dari penjualan produk kacang telur dan kacang bawang. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan metode turunan derivatif, penjualan kacang telur dan kacang bawang akan mencapai keuntungan maksimum apabila UMKM XYZ berhasil menjual 85 kg kacang telur per bulan dengan keuntungan maksimum Rp. 7.055.000-, dan untuk kacang bawang 85 kg per bulan dengan keuntungan maksmimum Rp. 3.400.000-.

References

Amsari, S., Shawab, N., Anggara, W., & Isnaini Harahap. (2023) ‘Implikasi Konsep Derivatif Dalam Memaksimalkan Keuntungan (Studi Kelayakan pada Toko Kue Ulfa, Medan Sunggal)’, EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Vol.23, pp. 109–117.

Asyhar, B. (2014) ‘Aplikasi Turunan (Derivatif) dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimum’, al-Khwarizmi, 2, pp. 1–14.

Hignasari, L.V. (2018) ‘Analisis Keuntungan Maksimum Dengan Konsep Turunan Pada Industri Percetakan’, VASTUWIDYA, 1(2), pp. 1–6.

Ilham Maulana, F. (2021) ‘Penerapan Turunan Dalam Menentukan Laba Maksimum Pada Industri Mebel Menggunakan Maple', Jurnal Matematika, 20(2). Pp. 42-52.

Nurwahidah and Mariani, A. (2021) ‘Turunan (Derivatif): Sebuah Pendekatan Matematis dalam Analisis Keuntungan Maksimum’, Jurnal Matematika dan Statistika serta Aplikasinya, 9(1), pp. 1-6.

Nusantara, R. (2022) ‘Penerapan Fungsi Permintaan dalam Menentukan Penerimaan Marjinal untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimum pada Usaha Mie Sagu’, Skripsi, Program Sarjana Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Rumetna, M. S., Lina, T. N., Dwi Cahya, S., Liwe, B. M., & Kosriyah, M. (2020) ‘Menghitung Keuntungan Maksimal dari Penjualan Roti Abon Gulung dengan Menggunakan Metode Simpleks dan Software POM-QM’, Jurnal Jendela Ilmu, 1(1), pp. 6-12.

Siregar, T. M., Ritonga, J. R., Nasha, M., Simbolon, K., & Pencawan, A. P. (2023) ‘Analisis Keuntungan Maksimum Penjualan Sandal dan Sepatu Toko Faa’iz Collection’, JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 7(1), pp. 35–49.

Suparwati, T. (2018) ‘Aplikasi Derivatif dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimum’, Jurnal Elektronik Universitas Cendrawasih, pp. 9-17.

Susantum, I. (2000) ‘Fungsi Keuntungan Cobb-Douglas Dalam Pendugaan Efisiensi Ekonomi Kreatif’, Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5(2), pp. 149-161.

Downloads

Published

2024-05-08

Issue

Section

Articles