ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) MENGGUNAKAN METODE FAILURE METODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA)

Authors

  • Danial Labib Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ayudyah Eka Apsari Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59024/jisi.v2i1.599

Keywords:

failure mode and effect analysis, fault tree analysis, keselamatan dan kesehatan kerja, job safety analysis

Abstract

Menurut data dari BPJS, kecelakaan kerja yang terjadi di Indonesia pada bulan Januari hingga November 2022 sebanyak 265.334 kasus. Jumlah ini meningkat 13,26 persen dibandingkan 234.270 kasus pada tahun 2021. Data tersebut menjadi peringatan keras bahwa pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) harus semakin menjadi perhatian. UD Cantenan menggunakan beberapa mesin, bahan-bahan kimia dan suhu yang tinggi, dan hampir seluruh proses dilakukan masih secara manual tanpa alat bantu dan dioperasikan langsung. Berdasarkan obeservasi yang dilakukan terdapat 34 risiko kecelakaan kerja yang terdapat pada bagian proses produksi dan tercatat ada 14 kasus kecelakaan kerja yang terdapat pada bagian produksi di Ud Cantenan, data tersebut diambil dari bulan Febrari tahun 2020 hingga bulan Juli tahun 2023. Metode JSA digunakan untuk menentukan pekerjaan yang dianalisis serta mengidentifikasi risiko pada masing-masing pekerjaan, Metode FMEA difungsikan untuk mengidentifikasi tingkat risiko kecelakaan kerja yang mengukur dari aspek dampak, peluang kejadian dan pencegahaannya dilakukan, sedangkan metode FTA digunakan untuk mengdentifikasi potensi penyebab kecelakaan. Dari hasil analisis data diketahui bahwa 5 failure mode dengan nilai RPN terbesar yaitu, terkena tumpahan logam cair,, tergulung putaran chuck mesin turning, tersengat listrik, tergulung putaran mata pahat milling dan mata terkena sekrap logam sisa produksi, ke lima failure mode dengan nilai RPN tertinggi yaitu fm 14, fm 27, fm 31 dengan nilai RPN 75 dan fm 22, fm 28 dengan nilai RPN 64. Nilai RPN tertinggi nantinya akan dilakukan analisis FTA untuk mengetahui akar penyebab masalah dan diberikan rekomendasi untuk perbaikan, untuk FM 14, 21, dan 38 memiliki tiga akar masalah, sedangkan fm 27 dan 28 memiliki 4 akar masalah.

References

Choudhary, S., Solanki, P. & Gidwani, 2018. Job Safety Analysis (JSA) Applied In Job Safety Analysis (JSA) Applied In. IJSTE - International Journal of Science Technology & Engineering, 4(9), pp. 1-9.

Dahlan, A., 2019. IDENTIFIKASI DAN ANALISIS RISIKO OPERASIONAL PADA DIVISI PRODUKSI PERUSAHAAN VULKANISIR BAN MENGGUNAKAN METODE RISK MANAGEMENT DENGAN PENDEKATAN FMEA DAN FTA (Studi kasus: CV. Citra Buana Mandiri Surabaya). (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik)

Faishal, N., 2019. ANALISA PENYEBAB KETERLAMBATAN PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL MASON PINE BANDUNG MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA). Doctoral dissertation Universitas Mercubuana.

Fauziyah, A., Djaelani, H. A. K. & Slamet, A. R., 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja, Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi PT. Berlina Tbk). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(2).

Mutlu, N. G. & Altuntaş, S., 2019. Hazard and Risk Analysis for Ring Spinning Yarn Production Process by Integrated FTA-FMEA Approach. Textile and Apparel, 29(3), pp. 208-218.

Nurdiansyah, A., 2018. Analisa Risiko dan Pengendalian K3 Pada Area Warehouse PT. X Tahun 2018. Doctoral dissertation: Institute of Health Science BINAWAN.

Pasaribu, Haryanto P, Harijanto S. Wulfram I. E., 2017 Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA) Untuk Mengidentifikasi Potensi dan Penyebab Kecelakaan Kerja Pada Proyek Gedung. Universitas Atma Jaya. Yogyakarta.

Sari, D. P. et al., 2018. ANALISIS PENYEBAB CACAT MENGGUNAKAN METODE FMEA DAN FTA PADA DEPARTEMEN FINAL SANDING PT EBAKO NUSANTARA. Prosiding SNST Fakultas Teknik, 1(1), p. 125–130.

Suharianto, F. & Muliatna, I. M., 2017. Study Tentang Job Safety Analysis dalam Identifikasi Potensi Bahaya sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja pada Pekerjaan Reparasi Kapal Kri Nala 363 di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(2), pp. 104-107..

Downloads

Published

2024-01-09

Issue

Section

Articles