RANCANG BANGUN ANTRIAN PELANGGAN BERBASIS INTRANET

Authors

  • Supriyadi, Slamet Ariyanto

Abstract

Teknologi jaman sekarang mengalami perkembangan sangat pesat, berkembang dari masa ke masa
seiring dengan meningkatnya kemampuan dan kebutuhan hidup manusia. Teknologi yang mempunyai
peran penting dalam kehidupan manusia adalah komputer. Peran komputer terbukti banyak dibutuhkan dan
digunakan sebagai alat bantu dalam mengolah data informasi dan mengendalikan berbagai peralatan yang
digunakan untuk membantu manusia dalam menjalankan tugasnya sehari - hari. Komputer juga telah
banyak sekali membantu menyelesaikan dan mengatasi masalah dari yang paling mudah hingga yang
paling rumit. Hingga komputer tidak bisa dipisahkan dari aktivitas manusia dari setiap pekerjaannya.
Semakin meningkatnya penggunaan teknologi informasi diberbagai bidang sehingga menjadi acuan
penulis untuk mengatasi permasalahan tentang antrian yang ada pada tiap - tiap instansi atau lembaga
pemerintah dan pusat - pusat layanan pelanggan maupun masyarakat. Perlu diketahui bahwa untuk antri
pada loket layanan dan juga transaksi lewat kasir atau petugas loket, harus siap antri berdiri secara berurut
selama bermenit - menit lamanya, bahkan jika banyak pelanggan yang datang menyebabkan antrian yang
terlalu banyak menyebabkan pelanggan menjadi merasa tidak nyaman dalam melakukan antrian. Tentu saja
hal ini kurang menyenangkan dan cenderung memboroskan waktu. Di sebagian pusat layanan masyarakat
seperti Bank, Koperasi, Jasa Pelayanan yang lain sudah menerapkan teknologi antrian dengan memberikan
nomor urut antrian dan tampilan display text nomor urut, sehingga antrian secara berdiri berurut yang
dulunya berbasis antrian satu persatu untuk menunggu antrian mulai dihilangkan sehingga pelanggan dapat
menunggu antrian secara nyaman dan tidak perlu melakukan antrian salin menyerobot ingin cepat dilayani.

Downloads

Published

2022-12-16

Issue

Section

Articles